Selamat Datang di Portal Pendidikan

REVIEW JURNAL Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Karakter Dengan Teknik Pendampingan Guru Pada Sekolah Dasar

Oleh: Choirul Huda, S.Pd.I., M.Pd. | Manajemen Pendidikan Islam

REVIEW JURNAL 1
Judul
PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN TEKNIK PENDAMPINGAN GURU PADA SEKOLAH DASAR
Jurnal
Jurnal Paradigma
Download
http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/download/2696/2349
Volume
Vol. 11  Nomor 2, Juli 2016
Tahun
2014
Penulis
H. Akhmad Gafuri
Reviewer
Choirul Huda
Tanggal
24 Juli 2017

A.      Latar belakang
Pendidikan mempunyai   peran penting untuk menjamin  perkembangan  dan  kelangsungan kehidupan  manusia,  karena  pendidikan  pada dasarnya merupakan upaya menyiapkan peserta didik di masa mendatang. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan  manusia seutuhnya yaitu manusia yang  beriman  dan  bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa  tanggungjawab  kemasyarakatan  dan kebangsaan. Jadi bukan pengembangan pengetahuan semata saja yang menjadi tujuan, namun nilai-nilai karakter bangsa juga perlu untuk ditumbuhkembangkan pada peserta didik.
Di Indonesia pendidikan karakter masih belum dijadikan bagian terpenting dan terukur dalam pendidikan   formal.   Pendidikan   yang   ada   masih banyak menekankan aspek kognitif. Sebagai wujud nyata kontribusi bagi pengembangan kepemimpinan dan   karakter   peserta   didik   di   sekolah,   maka diperlukan implementasi pendidikan karakter untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan akademis dan akhlak. Pendidikan karakter adalah salah satu solusi untuk  meminimalisir  dangkalnya  pemahaman terhadap nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. sekolah adalah  tempat  yang  sangat  strategis  bahkan  yang utama setelah keluarga untuk membentuk akhlak/karakter  peserta  didik.  Bahkan  seharusnya setiap sekolah menjadikan kualitas akhlak/karakter sebagai salah satu Quality Assurance yang harus dimiliki oleh setiap lulusan sekolahnya
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk  akhlak  mulia  dan  luhur  bagi  peserta didik.   Keberhasilan   dalam   pendidikan   karakter sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti cara atau pendekatan yang dipergunakan dalam menyampaikannya. Mengingat pendidikan karakter merupakan salah satu fungsi dari pendidikan nasional, maka sepatutnya   pendidikan   karakter   ada   pada   setiap materi  pelajaran.  Pengintegrasian  pendidikan karakter pada semua mata pelajaran tidaklah cukup untuk meningkatkan kualitas karakter peserta didik. Oleh karena itu diperlukan manajemen pendidikan karakter berupa pengembangan sebuah model pendidikan karakter yang terarah, terukur dan sistematis melalui pendampingan guru.

B.       Tujuan Penelitian
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pengelolaan pendidikan karakter dengan teknik pendampingan guru pada Sekolah Dasar.

C.      Metode Penelitian
Model yang digunakan adalah model Borg dan Gall dengan menyederhanakannya menjadi 5 langkah, yaitu: Penelitian awal, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi produk, ujicoba lapangan, dan produk akhir. Data yang diperoleh berupa data awal, data tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan dan keterbacaan model, dan data nilai-nilai karakter peserta didik. Instrumen yang digunakan angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis statistik uji-t.Sampel  penelitian  ditentukan  melalui teknik sampling nonprobabilitas dengan teknik purposive sampling (sampel pertimbangan). Sampel diambil dengan pertimbangan waktu, tenaga, dan dana sehingga  peneliti  tidak  dapat  mengambil  sampel dalam jumlah besar dan jauh. Pertimbangan lain adalah karena peneliti bertugas sebagai pengajar di sekolah tersebut sehingga akan memudahkan peneliti dalam merencanakan dan melakukan penelitian.
Data   ujicoba   lapangan   dianalisis   secara deskriptif  didasarkan  pada  nilai  mode  atau  modus pada   distribusi   data   setiap   kategori   (konstruk). Analisis statistik dengan metode Kolmogorov- Smirnov dilakukan untuk memperoleh gambaran distribusi data masing-masing konstruk. Di samping itu uji kesamaan rata-rata (uji-t) juga dilakukan untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru  SD terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik sebelum dan setelah penelitian pada ujicoba lapangan. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan  bantuan  aplikasi  statistik  SPSS  16.0 for Windows Release 16.0.0 dengan taraf signifikansi α = 0,05 (5%)

D.      Hasil
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli model menyatakan tingkat kegunaan model “Sangat Tinggi ” dan tingkat kemudahan penggunaan, kelengkapan, serta keterbacaan model adalah “Tinggi ”; 2) Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan, dan keterbacaan model adalah “Sangat Tinggi”; 3) Tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik masuk kategori “Sangat Tinggi ”; 4) Karakter peserta didik setelah dilakukan pendampingan masuk kategori “Membudaya (M) ”.

E.       Critical Review
Jurnal yang dipaparkan tersebut merupakan sebuah penelitian dan pengembangan yang secara signifikan mempunyai sumbangsih terhadap veriabel-variabel yang diteliti. Dari penelitian ini, menghasilkan pengemnbangan-pengembangan yang komprehensif. Hal ini dapat dilihat adari signifikasi  hasil uji  yang dilakukan.
Dari segi sistematika, pembahasan ini sudah  bersistematika yang baik dan benar. Hal ini memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari penelitian ini dilakukan. Secara esensi, Penelitian ini mempunyai spesifikasi tujuan penelitian yang jelas. Sehingga mempunyai model pengembangan yang dapat diterapkan secara faktual dan signifikan. Ha ini dapat dilihat dari instrumen tujuan penelitian, metode yang dipakai dalam menganalisis temuan, dan dari pembahasan yang secara jelas denngan menghadapkan  data real lapangan terhadap teori yang ada. 


Share this post :

Posting Komentar

Contact Admin


Choirul Huda,S.Pd.I.M.Pd.
FB: Choirul at-Tarbawy
`

Flag Counter

free counters

Statistik Blog

 
Support : choirull | Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar | Pondok Pesantren Al-Islam Joresan
Copyright © 2016. ANTOLOGI - All Rights Reserved
Template by binaaku community Modified by Choirull
Proudly powered by Retensi Akademika