Selamat Datang di Portal Pendidikan

RESENSI BUKU “KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN”

Oleh: Choirul Huda, S.Pd.I., M.Pd. | Manajemen Pendidikan Islam



Judul Buku
:
Kebijakan Publik Di Bidang Pendidikan
Nama Pengarang
:
M. Munadi & Barnawi
Nama Penerbit
:
Ar-Ruzz Media
Ketebalan Buku
:
184 Halaman
Tahun Terbit
:
2011
Nomor Edisi
:
ISBN:978-979-25-4896-9

A.      Prolog (Pengantar Subtansi Buku)
Reformasi  membawa perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah otonomi daerah. Penerapan otonomi daerah dengan dasar desentralisasi ini didasari oleh keinginan menciptakan demokrasi, pemerataan, dan efisiensi. Desentralisasi berimplikasi semua kebijakan publik harus berasal dari masyarakat (bawah) ke atas, bukan lagi dari atas (pemerintah pusat).
Di era demokrasi kesempatan bagi siapa saja untuk berpartisipasi dalam berbagai bidang semakin terbuka, Apalagi bidang pendidikan yang bersentuhan langsung dengan hajat masyarakat sebagai stakeholder pendidikan. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan publik. Untuk mengantisipasi kekeliruan dalam pengambilan kebijakan publik, masyarakat harus memahami hakikat kebijakan publik dan mekanisme penyaluran aspirasi dalam proses penyusunan kebijakan pubiik.
 Akan tetapi, dalam bidang pendidikan, hal tersebut sepertinya tidak berjalan seperti seharusnya. Kebijakan yang menyangkut pendidikan hanya disusun oleh Dinas Pendidikan tanpa adanya partisipasi dari bawah. Selain itu, juga ditemui rendahnya orientasi peraturan daerah khusus bidang pendidikan. Pemerintah daerah selama ini tidak mempunyai kebijakan yang signifikan, khususnya dalam anggaran pendidikan.
Untuk itulah, perlu adanya kebijakan  publik dalam bidang pendidikan dengan partisipasi aktif sektor di luar pemerintah. Kebijakan publik bidang pendidikan dapat didefinisikan sebagai keputusan yang diambil bersama antara pemerintah dan aktor di luar pemerintah dan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhinya untuk dilaksanakan atau tidak dilaksanakan pada bidang pendidikan bagi seluruh warga masyarakat. Dengan kebijakan publik bidang pendidikan ini, diharapkan pendidikan dapat terlaksana dengan baik. Semua komponen pendidikan mempunyai andil dalam penyelenggaraan pendidikan yang berdasarkan asas desentralisasi ini. Dengan demikian, pendidikan dapat melahirkan output yang berkualitas pun penyelenggaraan pendidikan minim dari tindakan korupsi dan privatisasi sehingga semua masyarakat dapat mengakses pendidikan.

B.       Pembahasan Subtansi Buku
Buku yang berjudul  Kebijakan Publik dalam pendidikan ini merpuykan salah satu buku yang mengupas tentang terminologi kebijakan yang berkembang di dunia pendidikan.  Buku ini diltar belakangai dengan asusmi bahwa pendidikan tidak pernah steril dari kebijakan, baik kebijakan tingkat lokal, regional, maupun nasional. Kebijakan yang diambil oleh pejabat yang berwenang dari kepala sekolah hingga menteri merupakan kebijakan publik. tetapi dalam bidang pendidikan,  Kebijakan yang menyangkut pendidikan yang disusun oleh Dinas Pendidikan harus adanya partisipasi dari bawah yaitu masyarakat.
Di era demokrasi seperti sekarang ini, peran masyarakat sebagai stakeholder pendidikan sangat penting dalam kebijakan publik. Buku ini dalam bab dan sub babnya menyajikan hal-hal penting yang berkaitan dengan kebijakan publik, antara lain makna kebijakan publik. dalam tahap ini, bab ini menjelaskan secara spesifik tentang  terminologi atau pengertian terhadap makna kebijakan publik yang  berinkusi bahwa kebijakan publik bidang pendidikan dapat didefinisikan sebagai keputusan yang diambil bersama antara pemerintah dan aktor di luar pemerintah dan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhinya untuk dilaksanakan atau tidak dilaksanakan pada bidang pendidikan bagi seluruh warga masyarakat. Kebijakan publik bidang pendidikan meliputi anggaran pendidikan, kurikulum, rekrutmen tenaga kependidikan, pengembangan profesional staf, tanah dan bangunan, pengelolaan sumber daya, dan kebijakan lain yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung atas pendidikan.  Dari hal tersebut yang dapat menghasilkan sebuah pengertian teoritis dan praktis.
Kedua,  menjelaskan tentang  pengertian konsepsi politik demokratik dalam kebijakan publik. Buku ini menjelaskan konsepsi kebijakan publik dengan berbasis demokratik yang secara komprehensif dan yang memang seharusnya kebijakan itu dilakukan tidak hanya oleh dinas lembaga pendidikan, melainkan juga ada keterkaitannya dengan aspek masyarakat yang harus dilibatkan.
Pelibatan pemerintah, aktor-aktor di luar pemerintah, dan faktor-faktor di luar manusia dalam kebijakan publik tidak secara otomatis dilakukan, tetapi menyesuaikan tahapan yang telah dicapai dalam proses demokrasi. Masing-masing tahapan memiliki intensitas yang berbeda dalam melibatkan ketiga komponen tersebut dalam pembuatan kebijakan. Pengertiannya pun jnemiliki makna yang berbeda. Prijono dan Pranarka (1996:2) membagi demokrasi menjadi tiga tahap berikut.
1.  Tahap inisial: dari pemerintah, oleh pemerintah, dan untuk rakyat. Tahap ini menunjukkan bahwa dominasi pemerintah sangat kuat dan rakyat hanya dianggap sebatas penerima apa pun yang datang dari pemerintah. Ini menunjukkan bahwa rakyat tidak perlu diikutsertakan dalam proses apa pun yang berkait dengan diri mereka.
2.  Tahap partisipatoris: dari pemerintah bersama masyarakat, oleh pemerintah bersama masyarakat, untuk rakyat. Tahap kedua ini sudah terdapat partisipasi di  luar pemerintah, yaitu maayarakat yang punya kepentingan untuk memperjuangkan nasib rakyat,
3. Tahap emanslpatif: dari rakyat« oleh rakyat« untuk rakyat, dan didukung oleh pemerintah bersama  masyarakat. Pada tahap itu, rakyat dilibatkan secara penuh sejak awal pembuatan kebijakan.
Selanjutnya, buku ini menjelaskan terhadap praksis masyarakat dalam kebijakan publik, dan praksis kebijakan publik bidang agama.  bab ini  menyajikan contoh pengambilan kebijakan publik dan disertai isu-isu kebijakan publik terkini. Dalam penyajiannya, bab ini  merupakan hasil penelitian, observasi, artinya  Bab ini hasil  dalam melakukan sebuah penelitian lapangan   yang selanjutnya berkonklusi pada sebuah interpretasi atau penilain terhadap kebiajakan-kebiajakan publik dalam bidsang pendidikan yang digulirkan pemerintah. Konklusi dari penelitian yang telah terinterpretasi ini dapat dijadikan sebagai kacamata masyarakat dalam menilik kebijakan-kebijakan publik yang digulirkan dalam bidang pendidikan.

C.      Kritik Subtansi Buku
Buku berjudul kebijakan publik di bidang pendidikan yang ditulis oleh muhammad munadi dan barnawi ini dapat membuat pembaca lebih gamblang dalam memahami tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh  pemerintahan dan dapat menganalisis, menginterpretasi dan melakukan perdampingan secara komprehensif.
Dari segi layout,  buku ini berwarna biru, tulisan judul yang jelas, mempunyai esain gambar cover yang bagus, sehingga dapat menambah minat pembaca untuk menilik buku ini. Buku ini juga terbuat dari kertas putih, tebal, yang mempunyai kualitas bagus dalam percetakannya.
Secra esensi pengupasan, buku ini mempunyai instrumen yang komprehensif dalam memotret kebijkan publik dalam bidang pendidikan. Hal ini dapat di lihat dari pesegi penyajiannya yang tidak hnya dari segi teoritis, melainkan juga langsungf menyajikan contoh dan isu-0isu kebijakan publik dalam bidang pendidikan yang langsung dihadapkan dengan teori yang telah di kupas sebelumya. Dan selanjutnya diinterpretasikan secra komprehensif di be;lakang.
Namun, dibalik instrument yang komprehensif, buku ini mempunyai beberapa kelemahan penulisan.  Antara lain yaitu dari segi teori, buku ini masih kurang banyak dalam melakukan analisis teori di depan. Ibarat pisau, kurang tajam dalam melakukan pengupasan.  Selanjutnya, Buku ini dalam menyajikan cotoh-contoh serta isu terlalu bayak yang notabene tidak tersistematika secara jelas, sehingga membuat pembaca menajdi bingung di tengah pembahasan. sistematika penulisannya dianggap  masih kurang tepat dengan alur yang membingungkan karena terlalu banyak pembahasan yang banyak mengandalkan Contoh-contoh yang terlalu banyak tanpa seidkit demi sediti terbarengi dengan terori yang jelas beserta saran dan kritik dari penulis. Lanjut lagi, tidak terbarengi teori yang  lebih komprehensif.


D.      Biodata Presensi Buku
Nama
:
Choirul Huda
Website
:
Hobi
:
Traveling
Motto
:
عش كريما أو مت شهيدا


Share this post :

Posting Komentar

Contact Admin


Choirul Huda,S.Pd.I.M.Pd.
FB: Choirul at-Tarbawy
`

Flag Counter

free counters

Statistik Blog

 
Support : choirull | Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar | Pondok Pesantren Al-Islam Joresan
Copyright © 2016. ANTOLOGI - All Rights Reserved
Template by binaaku community Modified by Choirull
Proudly powered by Retensi Akademika