RESENSI BUKU
MANAJEMEN PENDIDIKAN
(KOMPONEN-KOMPONEN ELEMENTER KEMAJUAN SEKOLAH)
Judul
Buku
|
:
|
Manajemen
Pendidikan : Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah
|
Nama
Pengarang
|
:
|
Kompri,
M.Pd.I
|
Nama
Penerbit
|
:
|
Ar-Ruzz Media
|
Ketebalan
Buku
|
:
|
347 Halaman
|
Tahun
Terbit
|
:
|
2015
|
Nomor
Edisi
|
:
|
ISBN:978-602-313-035-1
|
A.
PROLOG
Manajemen pendidikan merupakan
merupakan suatu suatu ilmu yang mengkaji tentang efisiensi dan efektivitas
pelaksanaan kinerja lembaga pendidikan dengan komponen dan tujuan-tujuan
pendidikan, kegiatan pendidikan yang logis, jumlah sumber daya manusia atau staf
yang memadai, disiplin kinerja, upah yang proporsional, bonus yang representatif,
standarisasi pekerjaan yang sistematis, pertanggungjawaban yang obyektif, dan
pengembangan kemajuan lembaga pendidikan.
Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan
atau kegiatan belajar mengajar harus mempunyai manajemen pendidikan yang
sistematis sehingga bisa efektif dan efisien dalam menjalankan semua aspek dan
komponen-komponen inti pendidikan untuk perkembangan dan kemajuan yang
signifikan. Dalam hal ini ada banyak sekali komponen penting dari sebuah
lembaga pendidikan baik dari segi manajemen, program, sumber daya manusia dan
kinerja yang mendukung kemajuan dan pengembangan berkelanjutan.
Selain itu ada beberapa realita
dan permasalahan yang menjadi trending topik dunia pendidikan terkini yang
diharapkan menjadi sumber pengalaman untuk lembaga pendidikan supaya lebih
antisipatif dan menemukan solusi yang tepat dalam menghadpi itu semua. Hal ini
akan menjadikan semua elemen pengelola lembaga pendidikan baik tenaga pendidik
maupun kependidikan mampu berpijak pada kaidah dasar dan tujuan dari manajemen
pendidikan yang stratejik dan tepat guna.
Sekolah yang unggul dan
berkualitas memang tidak lepas dari partisipasi semua pihak baik guru, staff
TU, kepala sekolah, siswa, wali murid, komite dan masyarakat yang bersama-sama
menjalankan progam sekolah unggulan demi peningkatan pendidikan bangsa. Sehingga kemajuan pendidikan bangsa
tergantung pada elemen-elemen dasar tersebut.
B.
PEMBAHASAN SUBTANSI BUKU
Buku yang berjudul Manajemen
Pendidikan : Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah merupakan salah satu
buku dalam ranah manajemen pendidikan yang menunjang referensi mahasiswa
jurusan manajemen pendidikan dan tenaga pendidikan untuk pengembangan lembaga
pendidikan secara berkelanjutan
Dalam buku ini mengupas tentang komponen-komponen dasar untuk kemajuan
lembaga pendidikan, yang terdiri dari tujuan pendidikan, program unggulan,
kinerja SDM tenaga pendidik dan kependidikan yang efektif dan efisien, sistem
manajemen kelas unggulan dan akslerasi, manajemen ujian akhir di SMK dan
kepengawasan lembaga pendidikan. Penulis juga mengungkapkan setiap teori dan
realita secara lengkap dan jelas sehingga pembaca atau mahasiswa dapat memahami
dengan cepat.
Tujuan pendidikan dengan melakukan pendekatan dari filsafat pendidikan akan
menghasilkan kurikulum yang selalu berinovasi dengan dunia pndidikan yang
semakin berkembang lebih maju baik dari segi pelaku dunia pendidikan, sistem,
lingkungan maupun kemajuan teknologi. Sehingga munculah bermacam-macam program
pendidikan misalnya kelas akselerasi yang merupakan system percepatan
pendidikan yang disesuaikan dengan peserta didik yang memang mempunyai IQ
diatas 130 dan dianggap mampu dalam melaksanakan program tersebut. Selain itu,
program kelas unggulan juga merupakan komponen dasar kemajuan sekolah dan dapat
digunakan sebagi eksperimental riset terhadap kemajuan siswa dan sekolah.
Dari ranah sumber daya manusia yang unggul, dalam buku ini dijelaskan
bagaimana fenomena kinerja guru pasca sertifikasi dan manajemen yang efektif
dan efisien dalam pembinaan dan tindak lanjut guru pasca sertifikasi. Sehingga dalam
hal ini sangat penting sekali kepala sekolah mempunyai otoritas dan kebijakan
dalam pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang seimbang dan adil di dalam
lembaga pendidikan. Selain daripada itu pentingnya pengembangan profesi guru
sebagai tenaga pendidik yang harus selalu loyal dan profesional khususnya
terhadap dunia pendidikan (sekolah) maupun birokrasi pada umumnya. Landasan
budaya religius yang merupakan dasar dari pendidikan umum harus selalu
ditanamkan kepada siswa dari kurikulum yang sudah ada. Bagaimana
menginternalisasi budaya religius dari kinerja guru yaitu akhlak mulia, IMTAQ, IPTEK,
adat istiadat hukum, etika ditumbuhkembangkan sebagi etos kerja guru yang
maksimal.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat operasional kurikulum yang
perlu disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan untuk menjembatani
kebutuhan perkembangan dan kemampuan peserta didik yang memberikan manfaat
sosial yang besar.
Manajemen ujian akhir produktif bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan
penyelenggaraan pendidikan DUDI (dunia usaha dunia industry) sebagai langkah
utuk mengaplikasikan ilmu ke dalam dunia usaha dan industri. Pendidikan system
ganda merupakan salah satu pola penyelenggaraan kurikulum SMK yang menuntut
aplikasi langsung siswa di dunia pekerjaan. Ujian akhir produktif mencakup
semua ketrampilan dari setiap jurusan.
Dalam dunia manajemen pendidikan poin terakhir adalah pengendalian dan
pengawasan. Lembaga penjaminan mutu nasional menunjuk SDM pengawas sekolah
untuk memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan program dan kurikulum
sekolah yang relevan, efektif dan efisien. Selain itu, tugas pengawas sekolah
adalah melakukan pembinaan, pengembangan kualitas sekolah, kinerja guru, dan
staff sekolah. Pengawas sekolah melaksanakan pengawasan (controlling) di semua jenjang sekolah untuk meningkatkan kualitas
dan pengembangan lembaga pendidikan, memberi masukan dan solusi terhadap
permasalah lembaga pendidikan.
Semua aspek dasar dan komponen
penting kemajuan lembaga pendidikan diatas harus selalu sesuai kaidah manajemen
pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan nasioal dan mengembangkan program
pendidikan yang inovatif, efektif dan efisien.
C.
KRITIK SUBTANSI BUKU
Dalam buku Manajemen Pendidikan : Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah yang ditulis oleh Kompri, M.Pd.I dapat membuat pembaca terinspirasi untuk
berupaya meningkatakan kemampuan pengetahuan manajemen kemajuan sekolah yang
dapat dijadikan acuan untuk
direaslisasikan di sekolah ataupun madrasah.
Namun ada beberapa hal yang menjadi kelemahan dari buku ini. Pertama, dari
segi fisik buku setebal 347 halaman ini terlihat berat dan kompleks dengan
cetakan kertas berwarna kekuningan masih terlalu segan jika dibaca mahasiswa.
Sehingga perlu dipertimbangkan ulang dalam hal ketebalan yang sesuai dengan
konten yang ada di dalamnya dan kertas yang berkualitas katakanlah putih bersih
yang lebih menarik dan mudah dibaca siapa saja.. Selain itu, cover dan desain
layout judul dan per sub judul kurang menarik karena langsung menjurus ke teori
dan penjelasan panjang lebar. Seharusnya ada gambaran isi dalam setiap awal
pembukaan dari sub judul yang mengantarkan pembaca mendapat informasi sebelum
membacanya lebih lanjut.
Kedua, dari segi konten dan sistematika penulisan masih kurang fokus dan
melebar pada keseluruhan dari tema komponen dasar kemajuan sekolah. Penjelasan
yang terlalu lebar dan dengan sub bab yang sama tapi ditulis dengan banyak
pakar ini membuat kurang focus dan masih membingungkan pembaca untuk mengambil
yang tepat sasaran. Dan ada beberapa sub judul yang mungkin dianggap menyimpang
dari pembahasan umum komponen dasar inti kemajuan sekolah. Misalnya manajemen
ujian akhir produktif ini tidak perlu dimasukkan dalam pembahasan karena dalam
penjelasannya pun belum bisa maksimal dan tercover rinci dan masih membuat pembaca
bertanya-tanya untuk menemukan jawaban dari hal tersebut. Sedangkan dari
sistematika penulisannya pun dianggap masih
kurang tepat dengan alur yang membingungkan karena terlalu banyak pembahasan
yang banyak mengandalkan teori dari pakar sehingga penjelasan dan gagasan dari
penulis masih kurang tepat sasaran dan solutif. Seharusnya penulis justru bisa
mengembangkan ide gagasan dan mungkin menciptakan teori baru dari judul dan sub
judul yang dibahas, sehingga pijakan teori dari pakar dalam dikembangtumbuhkan
dalam pengembangan penelitian yang sudah dilaksanakan. Sehingga bukan hanya
buku yang mengungkap teori dan menanggapinya, justru terciptalah buku yang
merupakan hasil riset dan bermanfaat untuk diaplikasikan oleh tenaga pendidik
dengan mudah.
Ketiga, buku ini melihat manajemen pendidikan dari segi komponen kemajuan pendidikan ini merupakan kategori
buku terbaru yang terbit di tahun 2015 sehingga mengajak pembaca memahami
pembendaharaan kosakata baru yang ada di dunia pendidikan. Pembaca amatir harus
terbiasa berfikir keras dan mencari tahu arti komplek dari hal tersebut kecuali
praktisi pendidikan yang sudah professional yang sudah faham dengan hal
tersebut. Maka dari itu diperlukan.
A.
BIODATA PERESENSI BUKU
Nama
|
:
|
Dila
Nurmilasari
|
Jurusan
|
:
|
Manajemen
Pendidikan Islam (MPI.A)
|
Semester
|
:
|
II (Dua)
|
Tahun Masuk
|
:
|
2016
|
NO. HP
|
:
|
------
|
Email
|
:
|
Posting Komentar