Selamat Datang di Portal Pendidikan

MAKALAH SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA AMERIKA SERIKAT DAN KANADA

SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA AMERIKA SERIKAT DAN KANADA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dunia pendidikan adalam merupakan aset nasional dan sosial yang paling strategis dan realistis dalam rangka usaha meningkatkan harkat serta martabat manusia. Melalui pndidikan, menusia dapat menguak tabir kehidupan sekaligus dapat menempatkan dirinya sebagai subyek dalam setiap perubahan dan pereseran, baik pada aspek kultural maupun aspek struktural.
Mengingat pentingnya pendidikan bangsa, serta luasnya ruang lingkup permasalahan, perlu ditingkatkan terus upaya perbaikan strategi dalam pendidikan yang bersifat komprehensif dengan stasiun pengamatan yang jelas untuk memonitor keberhasilan strategi pendidikan yang diterapkan. Untuk itulah keberhasilan yang pernah dicapai dalam sistem pendidikan nasional harus selalu mengembangkan wawasannya dengan cara mencari model pendidikan yang lebih baik di negara-negara yang telah berkembang. Di sini akan dibahas mengenai pendidikan yang berada di negara adidaya dan di negara barat yang menjadi tempat kajian islam yaitu amerika serikat dan kenada.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sistem dan kebijakan pendidikan di negara Amerika Serikat?
2.      Bagaimana sistem dan kebijakan pendidikan di negara kanada?


BAB II
PEMBAHASAN

A.    AMERIKA SERIKAT
Sebua negara dengan julukan “Paman Sam” ini berinu kota di Washington, dengan luas wilayah 9.372.610 km². Sebagai negara tempat PBB, IMF, world  Bank, dan badan dunia lainnya, amerika berfungsi sebagai sentral politik dan ekonomi internasional.[1] Amerika juga merupakan sebuah repoblik federal yang terdiri dari 50 negara bagiab dan sebuah distrik federal. Berdasarkan luas wilayahnya, USA adalah negara terbesar ke-3 di dunia.
Negara dengan kota terbesar  New York City ini merdeka pada tanggal 4 juli 1776. bahasa nasional di USA adalah inggris. Negara federal dengan pemerintahan berbentuk repoblik konstitusional ini dipimpin oleh Barack Obama, Wakil Presiden Joe Biden, Juru Bicara Parlemen john Boehner, dan Ketua MA bernama John Robert. Persiden Amerika dipilih oleh rakyat setiap  4 tahun sekali, dengan masa jabatan terbatas sampai dua kali masa jabatan.
Ekonomi Amerika mengikuti pola kapitalis dalam arti usaha bebas. Pada umumnya pemerintah federal telah dipengaruhi oleh konsep Laissez faire/usaha pasar bebas.. oleh karena itu sektor swasta memainkan peran yang sangat pengting  bagi pertumbuhan ekonomi aAmerika. Negara ini juga merupakan negara yang pertama kali memiliki senjata Nuklir.[2]

=>SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN<=
Sistem pendidikan di Amerika bukanlah merupakan suatu sistem yang dikuasai dan dikelola oleh pemerintah federal dan juga tidak oleh pemerintah negara bagian secara langsung. Pelaksanaan dan pengaturan sistem pendidikan di negara adidaya ini dijalankan oleh Unified School District (USD). Anggaran belanja USD dibiayai oleh PBB, dana anggaran belanja dari pemerintah negara bagian dan dana dari pemerintah federal. Sekolah yang berada di bawah pengelolaan USD harus memenuhi standar minimum mutu sekolah. Setiap sekolah akan mendapatkan evaluasi berkala dari negara bagian. Biasanya USD mengelola SD, SMP, SMA, dengan pendidikan SD 6th., SMP 2th., dan SMA 4th. Anak-anak diwajibkan untuk sekolah dari usia 6/7th. => 18th.
Mulai usia 6/7th., anak-anak amerika dapat mengikuti sekolah dasar selama 5/6th. Kemudian masuk ke SMP selama 2/3th., dan SMA selama 3/4th. Setelah menyelesaikan SMA, papa siswa dapat bisa meneruskan belajar ke Universitas. Belajar di Sekolah tinggi bertujuan untuk meraih gelar B.A. sebagai pendidikan tingkat sarjana strata 1. jenjang setelahnya dikenal dengan pasca sarjana.
Pendidikan tinggi dapat ditempuh di berbagai lembaga, Universitas Negeri, Swasta, Sekolah tinggi 2th., Sekloah Tinggi Komunitas, Sekolah Keahlian, institut teknologi, institut teknik dan sekolah yang terkait dengan gereja.[3] Sebe;um memasuki dunia Universitas, seorang calon mahasiswa harus mempersiapkan diri semenjak di SMA dengan persiapan yang terarah dan terpadu. Kunci keberhasilan dalam memasuki Universitas terletak pada kedisiplinan dan kegigihannya menguasai mata pelajaran. Di Universitas Negeri, mereka bisa mendapat gelar sarjana muda, sarjana, dan doktoral dengan waktu belajar 4-1-3th., kecuali untuk program dokter umum yang membutuhkan waktu 4 tahun lagi.
Universitas yang ada di Amerika Serikat diantaranya alah boston University, University of chicago, dan UCLA. UCLA adalah Universitas terbesar di California dan terpopuler di Amerika Srikat. Universitas riset publik ini meriupakan kampus utama yang menawarkan lebih dari 300 program sarjana dan pasca sarjana. Untuk masuk di Universitas ini seorang siswa harus mempersiapkan dirinya mulai dari kelas 9 (Shopomor) hingg kelas 12 dengan GPA 4 pada setiap tahunnya.biasanya siswa yang sudah duduk di kelas 11 sudah harus memasukka lamarannya ke Universitas ini. Akan tetapi, yang mempunyai GPA 4 hingga kelas 11, maka akan mendapat tawaran dari berbagai Universitas terkemuka dengan disertai sbeasiswa, mulai kecil hingga beasiswa penuh.
Jenjang berikutnya adalah pendidikan pasca sarjana untuk meraih gelar magister. gelar M.B.A.  merupakan gelar yang amat poopuler yang ditempuh selama 2 tahun, tetapi ada juga gelar magister yang ditempuh selama 1 tahun. Gelar ini dipandang sebagai batu loncatan untuk menuju jenjang doktoral (Ph.D.). tetapi ada sebagian mahasiswa yang bisa mempersiapkan secara lansung bagi pendidikan doktora, bahkan tanpa memperoleh jenjang magister hanya dibutuhkan waktu selama tiga tahun.[4]

B.     KANADA
Kanada adalah negara paling utara di Amerika Utara. Negara dengan luas wilayah 9.976.140 km² ini beribukota di ottawa dan mempunyai kota terbesar di toronnto. Kanada merupakan kota terbesar setelah rusia. Negara ini merupakan bekas jajahan perancis dan britania raya. Kanada merupakan juga anggota La Francophonie dan Commonwealth.[5]
Bahasa resmi di kanada ini adalah inggris dan perancis. Negara dengan sistem pemerintahan parlementer dan dengan pemerintahan berbentuk monarki konstotusional ini, dipimpin oleh ratu Elizabeth II dengan gebernur Jendralnya David Lioyd Johston dan perdana mentri bernama Stephen Harper.
Negara Terluas di Amerika Utara Ini merupakan negara maju dan ekonominya tergantung pada ketersediaan hasil alam yang melimpah. Mitra ekspor utama kanada adalah Amerika, Jepng , inggris, Jerman, Korsel, Belanda, Dan Cina. Adapun Mitra Impor Utama Adalah Meksiko, Taiwan, Korsel. Sedangkan budaya kanada banyak dipengaruhi oleh tradisi inggris dan prancis.[6]



=>SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN<=
Pendidikan di kanada banyak dipengaruhi oleh sosial, politik, ekonomi dan agama, hal ini dengan menerapkan konsep baru tentang kesempatan pendidikan bagi semua orang. Di negara ini pendidikan disediakan, didanai, dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan daerah. Sedangkan kurikulumnya diawasi oleh pemerintah provinsi. Pendidikan di kanada pada umumnya dibagi menjadi tiga:
1.      pendidikan SD, meliputi pra TK, TK, dan SD. Untuk pendidikan dasar, ada yang menyelenggarakan dari kelas 1 sampai 6, dan 1-8. kurikulumnya meliputi bahasa, MTK, Sosial, Seni.
2.      Pendidikan Menengah, Umumnya di Kanada Berlaku Sistem 6-3-3, SD=6th., SMP=3th., SMA=3th. Tetapi terdapat perbedaan lama waktu tempuh di sekolah menengah ini bisa terjadi antara provinsi satu dengan yang lainnya. Pendidikan menengah ini diaahkan untuk mempersiapkan masuk ke Perguruan tinggi dan menyiapkan keahlian tertentu.
3.      Pendidikan Tinggi, meliputi Universitas dan sekolah Tinggi. Pada tingkat ini,  ada Universitas berbahasa pengantar Inggris, misalnya Universitas Britihs-colombia, ada jua yang berbahsa pengantar perancir misalnya Universitas Montreal, dan ada juga dari keduanya misalnya Universitas Ottawa.[7]
Di kanada terdapat lebih dari 80 Universitas dan sekolah tinggi yang memberikan gelar kesarjanaan. Universitas dapat memberi gelar (B.A., B.Sc.), Magister (M.A., M.Sc., MLIS), dan Gelar (Ph.D), sedangkan Liberal Art College dapat memberikan gelar Bachelar, Magister, dan Doktor. Di kanada terdapat Universitas kajian islam yaitu Universitas McGill. Ini adalah salah satu Universitas tertua di kanada, lebih tepatnya terletak di Montreal, Quebec, Kanada. Nama Universitas dari pedagang Montreal yang berasal dari scotlandia bernama james McGill. Di Universitas ini kurikulumnya tetap menggunakan referensi timur tengah, tetapi pola manajemennya dan administrasinya telah bercorak McGill University.[8]
Di kanada, disetiap provinsi memiliki kebijakan pendidikan sendiri-sendiri. Pelajaran umumnya diberikan dalam bahasa inggris dan perancis. Tiap sistem pendidikan berada dalam pengawasan departemen pendidikan tingkat provinsi. Pemerintah kanada langsung menangani pendidikan anak-anak indian, anak-anak angkatan bersenjata, dan para penghuni lembaga pemasyarakatan federal. Untuk para guru tingkat dasar dilatih di sekolah tinggi. Sedangkan paa guru tingkat menengah dipersiapkan diberbagai fakultas pendidikan di Universitas.  Alumni dari lembaga ini diberi setifikat oleh departemen pendidikan. Departemen pendidikan juga bertanggung jawab bagi perencanaan dan distribusi kurikulum program tingkat dasar dan menengah.[9]


[1] Abd. Rachman Assegaf, Internasionalisasi Pendidikan, (Yogyakarta: Gama Media, 2003), 219.
[2] http://archives.gov/exhibits/charters.html , diakses 12/05/2013 13:48 WIB.
[3] Abd. Rachman, Internasionalisasi, 228-229.
[4] Ibid, 233-235.
[8] Abd. Rachman, Internsionalisasi, 215.
[9] Ibid, 217.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : choirull | Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar | Pondok Pesantren Al-Islam Joresan
Copyright © 2016. ANTOLOGI - All Rights Reserved
Template by binaaku community Modified by Choirull
Proudly powered by Retensi Akademika